This blog contains materials for Sunday School Sermon. The sermon materials are written in Indonesian, but I hope the activities and visual images contained in it can be used by anyone with any language, please feel free to use it

Saturday, March 11, 2017

Tuhan setia pada orang yang setia (Rut 1:1-22)

Bahan Ajar PAR 12 Maret 2017
Tema : “Tuhan setia pada orang yang setia” (Rut 1:1-22)
Tujuan :
- Anak-anak tahu bahwa Tuhan memperhatikan setia orang yang setia kepadaNya
- Anak-anak mau setia melakukan kehendak Tuhan

Pokok Renungan

Sebagaimana dalam ayat 1, kisah Rut terjadi pada zaman hakim-hakim. Kisah ini sendiri agak berbeda dari kisah hakim-hakim yang penuh dengan kekacauan peristiwa pergolakan, peperangan juga pembunuhan. Dalam kitab Rut disajikan kisah yang lebih tenang bahkan sebuah kisah cinta.
Kisah dalam kitab ini memang sangat penting karena merupakan benang merah yang menghubungkan garis keturunan dari Adam sampai Tuhan Yesus.
Isi kitab ini mengingatkan tentang pemeliharaan Tuhan terhadap orang pilihanNya sehingga apa yang menjadi rencana Tuhan tergenapi melalui Rut yang menjadi nenek moyang dari Raja Daud dan Juruselamat (bnd. Mat. 1:5).
Rut adalah perempuan Moab, suku yang menyembah berhala. Seharusnya bagi orang israel, ini bukan pilihan yang tepat sebagai istri, tetapi menjadi sebuah pertanyaan penting ketika ternyata Tuhan memilih Rut menjadi nenek moyang raja Daud, bahkan Juruselamat.
Dari bacaan ini kita dapat menyimpulkan bahwa nampaknya Rut dipilih oleh Tuhan karena ia setia. Tetapi kesetiaan seperti apa sehingga dia diberi kehormatan yang begitu besar oleh Tuhan?
Kesetiaan yang ditunjukkan Rut adalah kesetiaan yang teruji oleh berbagai masalah / tantangan dan pilihan yang tidak menguntungkan baginya.
Rut memilih untuk meninggalkan negerinya dan sanak saudaranya, untuk pergi ke negeri asing. Ia harus meninggalkan orang-orang yang bisa menolongnya dalam berbagai keadaan (ayat 8-10),
Ia memilih mengikuti mertuanya yang adalah seorang janda sedangkan dia sendiri juga seorang janda. Keduanya tentu akan mengalami berbagai kesulitan, apalagi mereka berada di zaman yang penuh dengan kekacauan dan peperangan. (ayat 11-14)
Rut juga memilih untuk meninggalkan allah bangsanya yang selama ini ia sembah dan percaya sebagai pembawa berkat bagi bangsanya dan menggantikannya dengan Tuhan Allah yang disembah oleh Naomi yaitu Allah Israel (ayat 15-17)
Pilihan yang berat yang dalam pikiran loigis tidak menguntungkan yang telah diambil oleh Rut jelas menunjukkan kesetiaan dan keteguhan hati yang Rut yang sangat kuat baik kepada Naomi maupun kepada Tuhan Allah yang disembah Naomi, ia juga menyerahkan dirinya ke dalam kuasa Allah Israel saat ia berjanji untuk setia menemani Naomi (ayat 17).
Kesetiaan yang ditunjukkan oleh Rut, perempuan dari bangsa asing, penyembah berhala, kepada Tuhan Allah Israel, menjadi pelajaran berharga bagi setiap orang yang mengaku percaya dan menyambah Tuhan Allah Israel itu.
Rut bersedia menyerahkan, dirinya, seluruh kehidupannya juga masa depannya kedalam kuasa Tuhan. Ia mau meninggalkan kenyamanannya dalam kehidupan di luar Tuhan untuk datang kepada Tuhan walaupun tidak nyaman. Dan Tuhan pun menunjukkan betapa Ia sangat menghargai kesetiaan seperti yang ditunjukkan oleh Rut, setelah sampai di tanah Yehuda, Tuhan memberikan baginya seorang suami (Boas). Bahkan lebih dari itu, dari keturunannya lahir Yesus, Juruselamat.
Yang menarik yang dapat diajarkan kepada anak-anak dari cerita ini ialah bagaimana kesetiaan kepada Tuhan pasti mendatangkan kebaikan bagi diri sendiri. Setia saja kepada Tuhan dalam setiap jalan kehidupan, apapun yang akan terjadi pasti baik adanya, soal waktu dan keadaannya Tuhan yang akan mengatur semua itu. Rut bersikap setia dan tidak pernah berharap bahwa ia akan mendapatkan seorang suami bahkan kemudian dari keturunannya akan lahir Juruselamat, namun sikapnya itu diperhitungkan Tuhan, bahkan diharga sangat besar oleh Tuhan.


Ayat Hafalan

2 Samuel 22:26


Aktivitas

Mewarnai
Maze
Cari Kata
Teka-teki Silang
Kunci Jawaban

3 comments:

  1. boleh minta gambar aktifitas dengan resolusi yg tinggi gak?
    karena ini udah di print dengan ukuran yg kecil sekali tetap tidak jels dan pecah. terimakasih TYM

    ReplyDelete
  2. coba klik dulu gambar yg mau di print, setelah gambar tampak hampir seukuran monitor lalu klik kanan mouse trus pilih copy image lalu paste di aplikasi Word. Gambar siap di print

    ReplyDelete
  3. mb Yohana bisa klik gambarnya trus save atau copy seperti petunjuknya mb reghien. resolusinya cukup untuk dicetak seukuran A4

    ReplyDelete