Blog ini berisi Bahan Ajar / Cerita Sekolah Minggu dalam Bahasa Indonesia, silakan dipakai / dikutip secara bebas dan gratis karena Firman Tuhan bebas untuk diberitakan dan diketahui oleh semua orang

This blog contains materials for Sunday School Sermon. The sermon materials are written in Indonesian, but I hope the activities and visual images contained can be used by anyone with any language, please feel free to use it

Saturday, September 17, 2016

Selalu Siap (Matius 25:1-13)

Bahan Ajar PAR 18 September 2016
Tema: “Selalu Siap” (Matius 25:1-13)
Tujuan:
- Anak-anak tahu bahwa apapun yang terjadi Tuhan selalu menyertai
- Anak-anak mau belajar memahami maksud dan kehendak Tuhan

Pokok Renungan

Dalam berbagai catatan/tafsiran mengenai perumpamaan yang kita baca hari ini, ditekankan tentang orang percaya yang harus senantiasa memperhatikan keadaan rohani mereka sendiri menantikan kedatangan Kristus yang tidak diduga, ini nampak dari maksud perumpamaan ini sendiri yaitu berkaitan dengan Kerajaan Sorga (ayat 1).
Ada beberapa catatan yang bisa direnungkan dalam bacaan ini:
  • Kelompok gadis yang bodoh itu tidak memperhitungkan bahwa kedatangan mempelai laki-laki tidak terduga dan tidak bisa diprediksi (bnd, Mat 24:36,44). Hal ini bisa disebabkan mereka tidak tahu atau mereka tidak mau tahu dengan keadaan bahwa lampu mereka bisa saja kehabisan minyak sewaktu-waktu.
  • Kelompok gadis yang bijaksana punya perhatian dan perhitungan yang baik untuk menyambut kedatangan mempelai. Karena ini mereka mempersiapkan dan membekali diri dengan baik.
  • Kedua kelompok gadis ini memang tertidur saat menantikan kedatangan mempelai, tetapi saat mereka dikejutkan oleh kedatangan mempelai, kelompok gadis yang bijak tidak kebingungan karena mereka sudah siap, sementara kelompok gadis yang bodoh panik dan bingung karena mereka tidak siap.
Secara umum kita bisa memahami bahwa perumpamaan gadis-gadis yang bijak dan yang bodoh ini menggambarkan keberadaan kita sebagai umat yang menantikan Tuhan.
Namun secara lebih luas, juga kita sadari setiap saat dalam hidup kita apa saja bisa terjadi diluar prediksi, bukan hanya kedatangan Tuhan tetapi apapun yang terjadi tanpa kita perkirakaan akan membuat kita terkejut, dan cenderung akan bereaksi terhadap hal itu. Dari reaksi kita atau apa yang kita lakukan menggambarkan kesiapan kita.
Dari perumpamaan ini Tuhan Yesus menggambarkan tentang bagaimana sikap sebagai anak-anak Tuhan dalam menghadapi berbagai keadaan, yang selalu siap karena punya pegangan yaitu iman dan percaya kepada Yesus Kristus.
Kepada anak-anak bisa mulai mengajarkan bahwa banyak hal bisa terjadi bahkan hal yang buruk dan diluar perkiraan. Tetapi sebagai orang Kristen, ada yang akan tetap menguatkan dan membuat mereka siap yaitu iman dan percaya kepada Yesus Kristus, yang harus selalu hidup dan bertumbuh dalam diri mereka. Karena semua hal yang terjadi ada dalam kendali Tuhan.
Iman dan percaya itu yang harus diwujudkan dalam perbuatan yang baik kepada sesama, selalu belajar memahami firman Tuhan, sehingga semakin hari kita semakin memahami maksud dan kehendak Tuhan dalam hidup kita. Dan itu akan membuat kita siap menghadapi apapun yang terjadi dalam hidup ini, bahkan yang terburuk sekalipun.
Karena setiap orang yang selalu bersandar kepada Tuhan akan diberi kekuatan dan kesiapan oleh Tuhan.


Cerita Kelas Kecil



Cerita Kelas Besar



Alat Peraga

Gambar Peraga

Aktivitas

Menyambung titik kemudian warnai


Ayat Hafalan

Matius 25:13
Karena itu, berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu akan hari maupun akan saatnya."

No comments:

Post a Comment