Blog ini berisi Bahan Ajar / Cerita Sekolah Minggu dalam Bahasa Indonesia, silakan dipakai / dikutip secara bebas dan gratis karena Firman Tuhan bebas untuk diberitakan dan diketahui oleh semua orang

This blog contains materials for Sunday School Sermon. The sermon materials are written in Indonesian, but I hope the activities and visual images contained can be used by anyone with any language, please feel free to use it

Friday, January 27, 2017

Kesalahan Pertama Di Dunia (Kejadian 3:1-6)

Bahan Ajar PAR 29 Januari 2017
Tema : “Kesalahan Pertama Di Dunia” (Kejadian 3:1-6)
Tujuan :
- Anak-anak tahu bahwa dosa pertama dimulai dari ketidaktaatan manusia
- Anak-anak tidak melanggar aturan/perintah


Pokok Renungan

Bacaan ini selengkapnya termuat dalam Kejadian 3:1-24, dibawah perikop ‘Manusia Jatuh Kedalam Dosa’.
Dalam bagian bacaan ini diceritakan bagaimana iblis yang mengambil rupa ular berusaha melawan Allah. Tetapi nampaknya iblis tahu ia tidak mungkin bisa berhadapan langsung dengan Allah maka, manusia, ciptaan Allah yang dijadikan alat untuk melawan Allah. Iblis memutarbalikan apa yang dikatakan Allah kepada Adam (ayat 3-4), yang menyebabkan Allah mengutuk ciptaan-Nya termasuk umat manusia yang diciptakan menurut gambar-Nya itu (ayat 16-19).
Godaan yang dipakai Iblis dimulai dengan memberikan manusia keraguan atas apa yang telah difirmankan oleh Allah, padahal seharusnya manusia terikat kepada Allah oleh iman pada firman-Nya sebagai kebenaran mutlak.
Yang kedua, Iblis, menggoda manusia agar percaya bahwa mereka bisa menjadi seperti Allah dan menentukan sendiri apa yang baik dan apa pula yang jahat.
Sekalipun manusia diberi akal untuk berpikir dan menentukan sesuatu namun seharusnya menusia tetap sadar bahwa Allah berhak untuk menentukan mana yang baik dan mana yang jahat, yang mana telah disampaikan melalui firmanNya. Firman Allah harus tetap menjadi pedoman utama, bukannya akal dan pikiran manusia.
Alkitab menyatakan bahwa semua yang berusaha menjadi Allah "akan lenyap dari bumi dan dari kolong langit ini" (bnd. Yer 10:10-11).
Yang tidak disadari oleh manusia, juga tidak dipahami oleh Iblis tentang maksud firman Allah yaitu ketika Adam dan Hawa berdosa, melanggar perintah Allah, seketika itu juga kematian moral dan rohani langsung terjadi (bd. Kej 2:17), sedangkan kematian jasmani baru dialami kemudian (Kej 5:5).
Allah telah berfirman, "pada hari engkau memakannya, pastilah engkau mati" (Kej 2:17). Jadi, ketika berbuat dosa, mereka langsung mati secara rohani dan moral (bd. Yoh 17:3).
Kematian moral merupakan kematian hidup Allah di dalam diri mereka dan tabiat mereka menjadi penuh dosa; kematian rohani berarti bahwa hubungan mereka dengan Allah sebelumnya sudah hancur. Sejak dosa Adam dan Hawa, semua orang yang lahir memasuki dunia dengan tabiat yang berdosa (Rom 8:5-8). Pencemaran tabiat manusia meliputi keinginan bawaan untuk mengikuti kemauannya sendiri tanpa memperhatikan Allah atau sesama, dan pencemaran ini diteruskan kepada semua orang (Kej 5:3; 6:5; 8:21; Ef 2:3)

Hal yang perlu ditekankan kepada anak-anak adalah tentang Firman Allah sebagai pedoman utama dalam menentukan yang baik dan jahat. Karena itu anak-anak seharusnya mengenal tentang yang baik dan yang jahat dari Firman Allah, sebagaimana yang diajarkan oleh orang tua juga di sekolah minggu.

Kesalahan pertama yang dilakukan manusia adalah ketika manusia menjadi ragu dan tidak taat pada perintah Allah. Karena itu ajarkan anak-anak untuk belajar menjadi taat dan jangan meragukan Firman Allah, dengan demikian mereka terhindar dari perbuatan salah.


Cerita



Alat Peraga

Gambar Peraga

Aktivitas

cari perbedaan 1

cari perbedaan 2

teka teki silang

menulis cerita

Ayat Hafalan

..

2 comments:

  1. syalom.jawaban no.1 dan 3 yg menurun apa ya?kok saya coba cari2 nggak ketemu kalimat yang pas.thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. JAWABAN TEKA-TEKI:
      mendatar: 2. ADAM, 6. EDEN, 8. ULAR, 9. HAWA, 10. TAAT
      menurun: 1. BERDUSTA, 3. MENGHORMATI, 4. BERDOSA, 5. MENCURI, 7. ENAM

      Delete