This blog contains materials for Sunday School Sermon. The sermon materials are written in Indonesian, but I hope the activities and visual images contained in it can be used by anyone with any language, please feel free to use it

Saturday, May 27, 2017

Tuhan Yesus Naik ke Surga (Kisah Para Rasul 1:1-11)

Bahan Ajar PAR 28 Mei 2017
Tema : “Tuhan Yesus Naik ke Surga”  (Kisah Para Rasul 1:1-11)
Tujuan :
- Anak-anak tahu Roh Kudus menyertai setiap orang percaya
- Anak-anak tahu bahwa Tuhan akan datang kembali
- Anak-anak selalu berpegang teguh pada iman kepada Tuhan Yesus

Pokok Renungan

Babak pelayanan yang dilakukan langsung oleh Tuhan Yesus ditutup dengan kenaikanNya ke surga. Namun itu bukan berarti akhir dari penyertaan Tuhan kepada orang-orang percaya, karena Ia sendiri kemudian memberikan Roh Kudus sebagai penolong dan pembimbing bagi setiap orang yang beriman kepadaNya (ayat 4-5).
Pertanyaan penting yang mungkin diajukan oleh anak-anak -bahkan orang dewasa- adalah mengapa Tuhan Yesus harus naik ke surga? Tidakkah lebih baik kalau Tuhan ada terus bersama manusia di bumi?
Kenaikan Tuhan Yesus ke surga merupakan hal penting bagi kehidupan dan kedewasaan iman orang percaya dan melalui peristiwa itu juga Ia memberikan jaminan tentang janji kehidupan kekal bagi setiap orang percaya.

Beberapa makna penting yang diterima oleh orang percaya dalam peristiwa kenaikan Tuhan Yesus, yaitu:

  • Maksud kedatangan Tuhan Yesus yaitu untuk mendamaikan manusia dengan Allah lewat pengorbananNya di kayu salib sudah terlaksana, dengan demikian kenaikan Tuhan Yesus sendiri merupakan pernyataan Allah bahwa Ia dalam kasih karuniaNya telah berdamai dengan manusia. Sekaligus dengan hal ini memberikan pernyataan tegas bahwa Yesus Kristus adalah Anak Allah.
  • Dengan kenaikanNya ke surga, Tuhan Yesus sendiri menunjukkan bahwa ada tempat yang telah disediakan bagi orang percaya, tempat dimana ada kekekalan dan kesanalah Tuhan Yesus pergi (bnd. Yohanes 14: 2-3)
  • Tuhan memberikan kembali hak dan mandat istimewa kepada manusia sebagai citra Allah di bumi ini setelah sebelumnya dirusak oleh kejatuhan manusia dalam dosa di taman Eden. Dengan kenaikan Tuhan Yesus, setiap orang percaya kemudian dikaruniakan penolong yaitu Roh Kudus yang akan memampukannya untuk menjalankan mandat istimewa dari Allah (ay 8). Dengan mandat istimewa dari Tuhan itu, setiap orang percaya dimampukan untuk menjadi saksi tentang kasih Allah lewat Tuhan Yesus.
  • Tuhan juga menunjukkan / menjanjikan bahwa ada suatu saat dimana Ia akan datang kembali dalam kemuliaan sebagaimana Ia pergi (ay 11) dengan demikian ada jaminan bahwa kapanpun waktunya nanti, kemuliaan Tuhan pasti dinyatakan lewat kedatanganNya kembali ke dalam dunia ini.

Dari beberapa makna kenaikan Tuhan Yesus ini, ada hal-hal yang harusnya menjadi respon orang percaya:

  • Kehidupan orang percaya adalah kehidupan yang sudah menang atas dosa dan sudah dijamin oleh Allah sendiri melalui pengorbanan Tuhan Yesus, dan juga Allah sendiri telah mengembalikan mandat kepada setiap orang percaya untuk menjadi saksiNya, karena itu setiap orang percaya sepatutnya merespon itu dengan selalu bersyukur dan menjadi saksi yang baik tentang kebaikan Tuhan melalui setiap kata dan perbuatannya. Dengan tidak menjadi saksi yang baik berarti menolak kasih karunia yang sudah Tuhan berikan.
  • Ada jaminan yang pasti tentang surga yang dijanjikan Tuhan juga tentang kemuliaan dan keadilan Tuhan yang dinyatakan melalui kedatangan Tuhan Yesus kembali. Karena itu tidak perlu ada ketakutan atau keraguan akan iman kepada Tuhan Yesus walaupun keadaan dunia dan berbagai tekanan kehidupan sering menggoda dan menekan orang untuk meninggalkan iman kepada Tuhan Yesus, tetaplah beriman kepada Tuhan Yesus karena apapun yang akan terjadi nanti, bagi setiap orang percaya ada kepastian untuk mendapat tempat kekal bersama Tuhan Yesus.

Alat Peraga

Gambar Peraga

Aktivitas

Mewarnai

Puzzle

Ayat Hafalan

Kisah Para Rasul 1:11b
...Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga.



No comments:

Post a Comment