Blog ini berisi Bahan Ajar / Cerita Sekolah Minggu dalam Bahasa Indonesia, silakan dipakai / dikutip secara bebas dan gratis karena Firman Tuhan bebas untuk diberitakan dan diketahui oleh semua orang

This blog contains materials for Sunday School Sermon. The sermon materials are written in Indonesian, but I hope the activities and visual images contained can be used by anyone with any language, please feel free to use it

Saturday, June 3, 2017

Roh Kudus (Kisah Para Rasul 2:1-13)

Bahan Ajar PAR 04 Juni 2017
Tema : “Roh Kudus”  (Kisah Para Rasul 2:1-13)
Tujuan :
- Anak-anak tahu apa yang terjadi pada hari Pentakosta
- Anak-anak tahu bahwa Tuhan menganugerahkan Roh Kudus untuk menyertai orang percaya
- Anak-anak meminta penyertaan Roh Kudus dalam doa dan permohonannya

Pokok Renungan

Pentakosta mungkin bukan hari raya yang cukup populer bagi anak-anak karena berada pada hari Minggu sehingga anak-anak mungkin menganggapnya seperti hari minggu yang biasa saja, apalagi jika di sekolah minggu anak-anak tidak diingatkan tentang hari Pentakosta. Tapi tentunya makna penting Pentakosta bagi kehidupan orang Kristen haruslah mulai dikenal oleh anak-anak karena dalam peristiwa inilah secara jelas diceritakan bagaimana Tuhan menganugerahkan Roh Kudus bagi manusia untuk memampukan mereka menjadi saksi Kristus, selain itu hal ini juga merupakan penggenapan dari janji yang Tuhan Yesus sendiri sampaikan kepada murid-murid saat akan naik ke surga (Kis. 1:8).
Memahami Pentakosta juga harus memahami tentang Roh Kudus, namun bukanlah hal mudah menggambarkan Roh Kudus bagi anak-anak, karena Roh Kudus tidak dapat digambarkan dalam sebuah wujud, walaupun dalam cerita digambarkan sebagai lidah api yang menyala-nyala tetapi tentunya Roh Kudus bukanlah api itu.
Roh Kudus diartikan sebagai Roh Kebenaran yang berasal dari Allah sendiri yang diam didalam diri setiap orang percaya. Karena Roh Kudus, orang percaya dimampukan untuk melakukan kehendak Allah dalam kehidupannya dan menjadi saksi tentang kebenaran Allah dalam setiap tindakan maupun perkataannya (bnd. Yoh. 14:16-17; Kis. 1:8). Roh Kudus juga adalah penghibur yang setia (Yoh. 14:26)
Roh Kudus memang tidak berwujud dan tidak kelihatan tetapi Roh Kudus memberikan kemampuan dalam diri setiap orang percaya untuk melakukan kehendak Bapa. Untuk dapat menjelaskan tentang hal itu kepada anak-anak, berikan contoh kepada anak-anak tentang cahaya sebagai penerang. Cahaya bukanlah sesuatu yang berwujud bahkan tidak kelihatan tetapi cahaya yang memampukan kita untuk melihat sesuatu, tanpa cahaya semuanya gelap dan tidak kelihatan. Demikian halnya peran Roh Kudus dalam kehidupan orang percaya, tanpa Roh Kudus tidak ada yang mampu melakukan kehendak Bapa dan menjadi saksi tentang Kristus.
Cerita Pentakosta memberikan gambaran tentang apa yang dilakukan oleh murid-murid saat mereka dipenuhi dengan Roh Kudus, yaitu ketika mereka berbicara maka setiap orang yang mendengarkannya mampu memahami apa yang dikatakan mereka sesuai bahasa yang dimengerti oleh masing-masing orang yang mendengarkannya.
Hal itu bukan soal bahasa yang diucapkan tetapi pekerjaan Roh Kudus dalam diri mereka membuat apapun yang mereka katakan dapat dipahami. Jika hanya kekuatan dan kemampuan murid-murid tentunya hanya orang-orang yang berbahasa sama dengan mereka saja yang bisa memahami ucapan mereka.
Kekuatan dari Roh Kudus itu memampukan diri murid dan juga hal penting dari karya Roh Kudus adalah membuka hati dan mata semua orang yang mendengar dan melihat apa yang dilakukan oleh murid-murid.
Karya Roh Kudus inilah yang harus dimengerti oleh kita dan juga anak-anak sebagai kekuatan dari Tuhan yang akan bekerja dalam diri kita untuk memampukan kita dan bekerja dalam diri orang lain untuk membuka hati setiap orang yang melihat dan mendengarkan kita. Mungkin apa yang kita lakukan adalah hal kecil dan tidak berarti dimata orang lain namun hal itu akan menjadi berarti bagi kemuliaan nama Tuhan jika Roh Kudus bekerja didalamnya, dan karena karya Roh Kudus juga apa yang kita lakukan akan menjadi berarti bagi orang lain.
Ajarkan anak-anak untuk selalu memohon penyertaan Tuhan dalam Roh Kudus dalam setiap doa dan pujian untuk memampukan mereka melakukan setiap hal bagi kemuliaan nama Tuhan.


Alat Peraga

Gambar Peraga



Aktivitas

Mewarnai


Cari Kata

Lengkapi Cerita dan temukan kata rahasia

Ayat Hafalan

Kisah Rasul 2:4
Maka penuhlah mereka dengan Roh Kudus, lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain, seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya.

4 comments:

  1. terimakasih tulisannya, sangat membantu saya dalam menambah materi dalam bercerita pada hari minggu esok. sangat dinanti postingan selanjutnya. Tuhan memberkati

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. sangat membantu saya dalam pengajaran saya di kelas bimbingan agama. materialnya yang sangat membantu. keep updating us. God bless.. from Sarawak, Malaysia

    ReplyDelete
  4. syalom, terima kasih untuk tulisannya, sangat membantu, saat ini saya sedang bingung untuk aktivitas yang akan saya berikan kepada anak sekolah minggu nanti karena tema yang dipakai adalah nubuat penderitaan Yesus, adakah saran untuk saya? terima kasih sebelumnya, Tuhan memberkati

    ReplyDelete