Blog ini berisi Bahan Ajar / Cerita Sekolah Minggu dalam Bahasa Indonesia, silakan dipakai / dikutip secara bebas dan gratis karena Firman Tuhan bebas untuk diberitakan dan diketahui oleh semua orang

This blog contains materials for Sunday School Sermon. The sermon materials are written in Indonesian, but I hope the activities and visual images contained can be used by anyone with any language, please feel free to use it

Saturday, August 5, 2017

Setia belajar Firman Tuhan (2 Raja-raja 2:1-18)

Bahan Ajar Sekolah Minggu 06 Agustus 2017
Tema : “Setia belajar Firman Tuhan” (2 Raja-raja 2:1-18)
Tujuan :
- Anak-anak tahu bahwa Tuhan memperhatikan kesetiaan yang Elisa tunjukkan dalam mengikuti dan belajar pada nabi Elia
- Anak-anak mau setia belajar firman Tuhan dan melakukan dalam kehidupannya


Pokok Renungan

Elisa yang dipilih oleh Tuhan untuk melayani nabi Elia, menunjukkan kesetiaannya yang sangat besar kepada sang abdi Allah. Memang kalau kita membaca bagian alkitab yang memuat kisah setelah terpanggilnya Elisa untuk melayani Elia (1 Raj. 19:19-21) tidak disebutkan lagi nama Elisa dalam peristiwa-peristiwa yang dialami oleh Elia, namun dapat dipastikan Elisa ada bersama Elia saat semua kejadian itu berlangsung dan dari semua itu Elisa belajar untuk memahami tentang kuasa Tuhan juga mempersiapkan diri untuk menggantikan Elia sebagai nabi.
Cerita yang memuat nama Elisa kembali muncul pada saat Elia akan kembali kepada Tuhan dengan diangkat naik ke surga. Saat itu, Elia dan Elisa sedang berjalan menuju ke tempat dimana Tuhan akan mengangkat Elia ke surga. Apa yang akan terjadi, yaitu perpisahan antara mereka pasti sudah diketahui dan dapat kita bayangkan pasti hal itu membuat perasaan sedih dan tidak nyaman bagi keduanya, nampaknya Elia sendiri tidak ingin membuat Elisa sedih karena mereka harus berpisah sehingga menyuruh Elisa untuk meninggalkan Elia berjalan sendiri menuju tempat tujuannya. Namun Elisa tidak ingin meninggalkan tuannya walaupun ia tahu bahwa tidak mungkin menghindari perpisahan itu. Ia menunjukkan kesetiaan yang besar kepada tuannya. Bahkan ketika beberapa rombongan nabi yang mereka temui di jalan mencoba bertanya dan mungkin mempengaruhinya untuk berhenti mengikuti tuannya karena ia akan pergi namun Elisa tidak terpengaruh oleh semua itu dan ia tetap saja mengikuti tuannya.
Kesetiaan Elisa itu diperhitungkan oleh Tuhan, melalui Elia, Tuhan menurunkan roh kepadanya sehingga Elisa memiliki kuasa sebagai seorang nabi. Hal itu juga dimungkinkan karena Elisa sendiri menyatakan kesiapan dirinya dengan menyatakan permintaannya kepada Elia. Elisa tahu apa yang harus diminta ketika Elia bertanya kepadanya saat akan meninggalkan dia naik ke surga.Dari pengalaman Elisa mengikuti Elia, ia belajar bahwa roh yang berasal dari Allah itu adalah hal yang penting dan berarti yang pantas ia minta sehingga ia dapat juga melanjutkan pelayanan yang sudah dilakukan oleh Elia.
Dari kisah yang singkat ini, ada hal yang penting yang dapat dipelajari oleh para pengajar dan juga diajarkan kepada anak-anak adalah bagaimana kesetiaan dalam mengikut Tuhan dan belajar untuk memahami kehendak Tuhan adalah hal yang penting, agar apa yang Tuhan inginkan dalam hidup kita dapat terwujud dengan baik. Juga tentunya kesadaran bahwa tuntunan roh adalah sangat penting karena tanpa itu tidak mungkin kita dapat memahami dan melakukan kehendak Tuhan.
Ajarkan kepada anak-anak untuk setia mempelajari firman Tuhan. Jangan biarkan diri tergoda dengan berbagai pikiran bahwa firman itu tidak penting dibandingkan hal lain yang populer. Dunia saat ini cenderung mengarahkan kehidupan anak-anak mengutamakan pemahaman tentang ilmu pengetahuan dan sebaliknya mengesampingkan pemahaman firman Tuhan. Hal itu juga menjadi tantangan tersendiri bagi para pengajar. 
Sebagai dasar dari segala upaya memahami firman TUhan, ajarkan anak-anak bahwa hal terpenting adalah selalu meminta tuntunan Roh Kudus dalam doa dan permohonan kepada Tuhan. Agar mereka dimampukan untuk setia dan mau belajar memahami serta melakukan firman Tuhan dalam kehidupan setiap hari.

Bagian bacaan hari ini diakhiri dengan cerita bagaimana orang-orang melihat dan percaya bahwa kuasa yang berasal dari Tuhan memang telah turun atas diri Elisa sehingga ia mampu melakukan apa yang dilakukan oleh Elia.
Demikian juga anak-anak yang melakukan segala hal yang berkenan kepada Tuhan dalam kehidupannya sehari-hari akan dilihat oleh orang lain dan karena perbuatan-perbiatan baik itu orang yang melihatnya akan tau juga bahwa kuasa Tuhan juga bekerja dalam diri anak-anak yang telah melakukan apa yang berkenan kepada Tuhan.


Alat Peraga

Gambar Peraga

Aktivitas

Maze

Perbedaan Gambar

Teka-teki Silang

Ayat Hafalan

Efesus 3:20
Bagi Dialah, yang dapat melakukan jauh lebih banyak dari pada yang kita doakan atau pikirkan, seperti yang ternyata dari kuasa yang bekerja di dalam kita,

No comments:

Post a Comment