Bahan Ajar Sekolah Minggu 13 Januari 2019
Tema: “Diciptakan untuk Berkarya” (Kejadian 2:8-25)Tujuan:
- Anak-anak tahu Tuhan menciptakan manusia untuk berkarya bagi kebaikan alam
- Anak-anak tidak bermalas-malasan dan mau mengusahakan serta memelihara alam ciptaan Tuhan
Pokok Renungan
Jika dalam Kejadian pasal 1 diceritakan tentang apa yang Tuhan kerjakan untuk menciptakan alam semesta, dalam bagian bacaan kita hari ini, diceritakan tentang apa yang Tuhan inginkan agar dilakukan oleh manusia ciptaanNya.Diceritakan bahwa taman Eden dibuat oleh Tuhan sebagai tempat dimana Tuhan menempatkan manusia. Tempat itu sangat baik. Ayat 8-14 memberikan rincian tentang taman itu dengan segala isinya dan segala hal yang baik yang bisa diperoleh di tempat itu dan semua itu sangat ideal untuk kehidupan yang baik dan nyaman, sehingga dapat dipastikan bahwa Adam yang ditempatkan di tempat itu merasa nyaman oleh lingkungan dan keadaan itu.
Walaupun semuanya nyaman dan menyenangkan, bukan berarti semua itu tidak perlu diusahakan dan dipelihara, karena itu Tuhan menempatkan Adam di taman itu dengan tugas untuk memelihara dan mengusahakan taman itu (ayat 15). Selain tugas untuk memelihara, manusia diberikan kebebasan untuk memanfaatkan taman itu demi kebaikannya. Tuhan menunjukkan kepada Adam bahwa apa yang baik yang Tuhan ciptakan itu diberikan kepada manusia untuk kebaikan hidup manusia. Dengan sebuah ketentuan yang Tuhan nyatakan sebagai perintah untuk menjaga manusia dari perbuatan yang dapat merugikan dirinya sendiri, yaitu perintah untuk tidak memakan buah dari pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat. Larangan ini juga melatih manusia untuk tidak bertindak serakah dan ingin mendapatkan lebih dari yang dibutuhkannya.
Tuhan juga menempatkan berbagai binatang di taman itu yang secara langsung maupun tidak langsung memberikan kebaikan dalam taman itu dan membuat taman itu menjadi lebih baik. Demikian juga kepada Adam diberikan lagi tugas untuk menjaga juga menamai binatang-binatang itu. Semua itu dilakukan Adam dengan sukacita dan bertanggung jawab, walaupun kemudian ia merasa ada yang kurang lengkap dalam dirinya ketika ia tidak mendapati seorang penolong yang sepadan dengan dia.
Untuk menyempurkan semua kebaikan itu, Tuhan kemudian menciptakan bagi Adam seorang penolong yang sepadan dengan dia, seorang manusia sama seperti dirinya dan menempatkannya bersama-sama dengan Adam sehingga ia punya seorang teman / penolong untuk berbagi tanggung jawab yang Tuhan berikan kepadanya.
Tuhan melakukan semua itu untuk kebaikan manusia ciptaanNya, yang merupakan gambaran / citra dari Tuhan sendiri. Sehingga apapun yang dilakukan manusia bagi dunia ini adalah seperti apa yang Tuhan ingin lakukan terhadap dunia ini. Manusia menjadi perpanjangan tangan dari Tuhan untuk memelihara semua ciptaan Tuhan yang lain, yaitu alam semesta dan seisinya.
Tugas ini merupakan apa yang menjadi kehendak Tuhan untuk dilakukan oleh manusia yang diciptakanNya, demikian juga kehendak Tuhan itu berlaku atas diri kita, yang walaupun telah jatuh ke dalam dosa namun juga sudah diperdamaikan dengan Tuhan untuk layak dihadapanNya.
Hal penting yang perlu direnungkan dan diajarkan kepada anak-anak adalah apa yang menjadi maksud Tuhan menciptakan manusia. Sebagai manusia yang diberikan kebebasan dan juga tanggungjawab untuk mengelola dan memanfaatkan seluruh alam ciptaan Tuhan ini harusnya dapat dengan bertanggungjawab melakukan tugas yang Tuhan berikan itu. Hal yang paling sederhana yang dapat anak-anak lakukan adalah menjaga dan tidak merusak alam sekitar kita, tidak membuang sampah di sembarang tempat, tidak merusak tanaman di sekitar kita sebaliknya memelihara mengusahakannya. Anak-anak juga belajar untuk tidak bersikap serakah ketika memanfaatkan alam untuk memenuhi kebutuhan kita. Dengan demikian alam ini akan terjaga kelestariannya sebagaimana yang Tuhan inginkan ketika Ia menciptakannya.
Ayat Hafalan
Mazmur 104:14Engkau yang menumbuhkan rumput bagi hewan dan tumbuh-tumbuhan untuk diusahakan manusia, yang mengeluarkan makanan dari dalam tanah.
Alat Peraga
Gambar PeragaAktivitas
Mencari pasanganCetak gambar dalam jumlah yang cukup kemudian potong dan bagikan kepada masing-masing anak 1 potong gambar. Jika jumlah anak cukup banyak, minta setiap anak untuk mencari teman yang memiliki gambar yang sama. Jika jumlah anak tidak banyak, minta anak-anak berkumpul sesuai jenis gambar yang dimilikinya (binatang atau tumbuhan)
renungan katolik hari ini
ReplyDeleteTerimakasih ini sangat bermanfaat
ReplyDeleteTerimakasih kami sangat butuh
ReplyDeleteTerimakasih, sangat membantu
ReplyDelete